Dewi Air Charter

IMG_2467

“Dewi air ? Maskapai mana tuh wi? Kok gak pernah lihat di bandara? ” Ujar temen yang bekerja sebagai Teknisi di maskapai charter.

“AOC nya Ada?, ownernya siapa?” Nah ini yang nanya pasti tau tentang airlines. Hehehe…
AOC adalah Air Operator certificate. Yaitu ijin yang diberikan Oleh kementrian perhubungan kepada operator /perusahaan penerbangan untuk menjalankan operasi penerbangan.
Nah Ada AOC ada jenis nya nih guys.
1. AOC 121
Ini diberikan kepada penerbangan domestik, flag carrier, supplemental air carrier. Gampangnya gini, yang pesawatnya seating configuration lebih Dari 30 penumpang atau berat pesawat melebihi 3.409kg (7.500 pounds) dan sering kita sebut sebagai maskapai berjadwal.
Contoh nih yang pakai AOC ini diantaranya kayak GARUDA, LION, AIR ASIA, CITILINK, SRIWIJAYA, dll

2. AOC 135
Diberikan ke commuter, charter, aerial work air carriers using aeroplanes or helicopters. Kita banyak sebut sebagai maskapai charteran atau tidak berjadwal.
Contoh nya : AIRFAST (yang di charter Freeport), IAT, TRAVIRA, PEGASUS, dll.

Nah bisa gak kalau punya dua AOC?
Tentu bisa, kalau maskapai nya memang punya dua bisnis (regular dan charter, selain itu sesuai syarat yang tadi dijelaskan menurut ketentuan jenis pesawat)
Contoh nya nih kayak LION group.
Lion, wings, batik AOC nya 121. Tapi kan lion punya tuh LionbizJet, yang menggunakan pesawat Hawker 900 (seat capacity 8org), Jadi mereka memakai AOC 135.

Trus Ada gak penerbangan lain selain kedua AOC ini.
Secara regulasi tidak ada, namun secara bisnis Ada.
Kok bisa? Begini, sekarang bukan rahasia lagi orang kata bisa beli pesawat, nah kalau mereka punya 1 pesawat trus harus urus AOC, bikin masakapai dll, kan pastinya ribeeeeeeet bangeeeeeet. Maka munculah yang namanya “management company” yaitu sebuah perusahaan yang memanfaatkan situasi ini. Mereka membaca kalau urus pesawat pasti ribet, and orang-orang kaya maunya terbang ya tinggal terbang. Jadi, perusahaan ini membuat perusahaan penerbangan dengan AOC 135 atau 121. Nah, pesawatnya adalah milik orang-orang kaya itu. Perusahaan ini urus semua kebutuhan dari perawatan pesawat, pilot, pramugari, service, kantor, finance, teknisi, dll. Pokoknya orang kaya tinggal datang, duduk, terbang. Hehehe…. Termasuk kalau Ada yang mau sewa pesawat, mereka juga akan mengurus semuanya.
Contoh nya nih PREMIAR air.

Nah, lalu Dewi air masuk yang mana wi? 😁
Begini, Dari kesemuanya dalam bisnis Ada Hal yang sangat penting. Apa itu? MARKET atau pasar. Misal pesawat ada, tapi penumpang gak Ada ya gak Ada penerbangan. Ada penumpang, gak Ada pesawat juga gak bakal Ada penerbangan. Itulah Dewi AIR. Kita adalah “link” atau “connection” Dari kedua nya. Kita Dewi Air mencari pasar dan menjual penerbangan. Lalu apa yang dilakukan Dewi Air ?
-MOU atau kerja sama dengan beberap maskapai yang langsung di lakukan antara pihak Dewi dan Owner/direksi maskapai. Karena gak mungkin kan Ada maskapai mau percaya ke Dewi Air kalau gak Ada kerjasama yang baik.
-networking. Yup, kita menjalin banyak kerja sama, dengan berbagai pihak.
Trus udah jalan Dewi air?

IMG_2476
Udah donk, itu saat Dewi air disewa untuk penerbangan VIP dan kami menyewa pesawat hawker milik LION air.
Kita juga melayani banyak VIP flight namun tidak dapat disebutkan karena pertimbangan privasi pelanggan.
Kalau pas pemilu 2014 Dewi air pun ikut andil melayani VIP flight untuk Bpk. Jokowi, Ibu Mega, dll.
Jadi terjawab kan apa itu Dewi air?
Sebagai seorang pramugari, dulu aku pun Hanya berfikir kalau maskapai itu A, B, C . Ternyata setelah berkecimpung di dunia bisnis, baru tau banyak sekali peluang bisnis dan luasnya dunia penerbangan. 😊

IMG_2478

IMG_2477
Kunjungi ya web kami di http://www.dewi-air.com 😘😘😘😘

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s